Starbucks Double Chocolaty Chip Frappuccino 10 Jenis Kucing Tercantik Di Dunia | ⒸⒶⓉ✿

Pages

10 Jenis Kucing Tercantik Di Dunia

1.  Abyssinian Cat 



 Kata Abyssinian berasal dari bahasa Ethiopia, yang merupakan negara asal jenis kucing ini. Kucing Abyssinian ini merupakan salah satu kucing shorthair (berbulu pendek) yang paling populer di USA (Amerika Serikat). Kucing ras Abyssinian adalah salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui. Penampilan kucing ini menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman mesir kuno. 

Kucing Abyssinian berukuran sedang, langsing dan anggun dengan bulu pendek. Salah satu ciri khas Abyssinian adalah pola warna bulu yang berbintik-bintik kabur/transparan. Pola warna ini sering disebut Ticked Agouti. Kucing ini senang berada di sekitar manusia, selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan pemiliknya, aktif, suka bermain, dan kucing yang ramah. Kemungkinan besar tidak ada kucing yang lebih setia pada pemiliknya selain Abyssinian. Kucing Abyssinian juga mudah dilatih untuk melakukan sesuatu. 

Pada zaman mesir kuno, kucing ras ini dianggap sebagai kucing keramat. Bangsa mesir kuno melarang perdagangan ras kucing ini, bahkan mendirikan kuil khusus untuk memujanya. Mumi kucing Aby juga banyak ditemukan pada makam-makam bangsa mesir kuno. 

2. American Bobtail 




 Kucing American Bobtail LH (Longhair) adalah Kucing American Bobtail versi Longhair dan merupakan salah satu ras kucing yang berkembang melalui seleksi alamiah. Meskipun kucing hutan bobtail (ekor pendek) telah ada di Amerika Serikat sejak dulu, namun program pengembang-biakan baru mulai berkembang sekitar akhir tahun 1960-an. 

Kucing American Bobtail Longhair termasuk kucing yang aktif dan sangat suka bermain. Selain mudah bersahabat dengan manusia, kucing ini juga termasuk kucing yang cerdas dan ahli melepaskan diri dari kandang atau ruangan tertutup. Mereka sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, tidak peduli lingkungannya tenang atau berisik. Salah satu ciri khas ras ini adalah sifatnya yang mirip dengan anjing. 


3. Persian Longhair Cat 




Kucing Persia (Persian Longhair) adalah salah satu kucing tertua yang berasal dari Persia (sekarang Iran), dari catatan sejarah tertulis kucing ini ditemukan sekitar tahun 1600 SM. Selain menjadi salah satu yang tertua, kucing ini juga menjadi salah satu jenis kucing yang paling terkenal di Indonesia, juga di dunia. Ketika diminta untuk menyebutkan jenis kucing, kebanyakan orang akan hampir selalu menyebutkan Persia. 

Di Indonesia, kucing ras persia cukup banyak dikembangbiakkan dibandingkan dengan ras lain. Kucing Persia sangat mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, maupun dengan pemilik barunya. Kucing ini memiliki kepribadian yang ramah dan hangat. Kucing ini suka bermain, dan mereka senang di dalam ruangan (di dalam rumah). Kucing Persia lebih mudah di tempatkan dikandang, dan relatif tidak berisik dan lebih sesuai hidup di dalam rumah.


4. Maine Coon Cat




Kucing Maine Coon (American Snughead) merupakan kucing berbadan besar yang anggun dan indah. Kucing Maine Coon merupakan kucing yang terbentuk secara alamiah. Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine di Amerika Serikat. Nama Maine Coon diambil dari kata “Maine” (nama negara bagian Maine) dan “Coon” kependekan dari racoon, karena bentuk dan warna ekor kucing maine coon banyak yang menyerupai ekor racoon. 

Kucing Maine Coon yang “murni” mempunyai jari kaki lebih banyak dibandingkan kucing lainnya. Kelebihan jari ini disebut polidactyl dan bersifat genetik dominan. Kucing ini memiliki bulu yang mengkilap, tebal dan “anti air”, serta terdapat bulu tebal di bagian leher kucing ini. Ekornya pada saat tidur dilingkarkan ke tubuhnya untuk melindungi tubuh dari udara dingin. 


5. Balinese Cat (Siamese Longhair)




Walaupun namanya Balinese, kucing ini bukan berasal dari Bali (Indonesia). Diberi nama Balinese, karena gerakan tubuh kucing ini lemah gemulai, mengingatkan pada para penari bali. Helen Smith menamakan ras tersebut balinese, karena keanggunan kucing-kucing tersebut menyerupai kecantikan, keanggunan dan gemulainya penari bali. Ras balinese kemudian menjadi populer dan banyak breeder berusaha menyempurnakan karakteristik dan penampilan ras ini. 

Kucing Balinese merupakan kucing yang aktif. Mereka sangat suka mengikuti pemiliknya kemana pun ia pergi. Kucing-kucing ini senang berinteraksi dan bermain dengan pemiliknya. Selain sifatnya yang selalu ingin tahu dan tidak mengenal rasa takut, kucing-kucing ini juga sangat menyukai tempat-tempat tinggi. 


6. Angora Cat 







Kucing Angora (Anggora/Angola) adalah salah satu kucing tertua yang berasal dari kota Angora (sejak tahun 1930 disebut Ankara) di Turki. Kucing Angora sepintas mirip dengan kucing Persia, tetapi bila diperhatikan hidungnya akan nampak berbeda. Kalau kucing persia berhidung “pesek” (mungil) sehingga nampak lucu, sedangkan kucing anggora berhidung mancung dan nampak manis. 

Seperti halnya kucing Persia, selain menjadi salah satu yang tertua kucing ini juga menjadi salah satu yang paling terkenal di Indonesia, juga di dunia. Ketika diminta untuk menyebutkan jenis kucing, kebanyakan orang akan hampir selalu menyebutkan Anggora (Angora). Kucing angora merupakan kucing yang lucu, sangat mudah beradaptasi dan mudah bergaul dengan penghuni rumah. Kucing angora nampak elegan dan anggun, mempunyai ukuran badan sedang, dengan tubuh relatif besar, panjang, langsing, dengan kaki dan ekor panjang. Ekornya berbulu tebal dan mengembang seperti ekor musang. 


7. Scottish Fold Cat 






Kucing dengan telinga terlipat ini berasal dari Skotlandia, penampilannya seperti burung hantu dengan mata yang besar, sehingga sering disebut juga Kucing Coupari. Awalnya kucing ini dinamakan Flops (singkatan dari Floppy ears), nama Scottish Fold baru berkembang tahun 1966 sampai sekarang. 

Ciri utama kucing Scottish Fold Cat adalah bentuk telinganya yang berbeda dengan jenis kucing lainnya. Kucing ini memiliki telinga yang terlipat. Kucing ini termasuk kucing yang tidak rewel, ramah dan tenang. Para penggemar kucing menyukai Scottish Fold, karena sifatnya yang jinak, lekat dengan majikannya, dan suka tidur dalam posisi telentang. Bila tidur telentang, terkadang kucing ini mendengkur seperti manusia. 


8. Domestic Longhair Cat




Kucing Domestic Longhair (DLH, Domestic Longhaired) atau Domestic Medium-hair (DMH) merupakan jenis kucing berbulu panjang. Untuk versi bulu pendek dinamakan kucing Domestic Shorthair (DSH). Lebih dari 99% kucing di dunia termasuk dalam kelompok kucing ini (kucing Domestic Longhair dan Shorthair), dan kurang dari 1% untuk jenis ras lainnya. 


Jenis/kelompok kucing Domestic Longhair ini muncul di hampir semua negara di dunia. Hal ini dikarenakan terdapat sangat banyak kucing berbulu panjang atau medium yang awalnya tidak dapat diikutkan dalam kontes kucing, lantaran ketidakjelasan ras/jenis atau asal-usul kucing tersebut. Kucing ini mayoritas muncul akibat “kecelakaan kawin silang”, yaitu kawin silang yang tidak disengaja dari dua ras kucing. Kemudian kucing-kucing ini kawin dengan kucing lainnya (baik kucing yang memiliki ras tertentu atau pun kucing sejenis), sehingga menghasilkan berbagai kucing yang tidak mempunyai ras tertentu. Itulah yang membuat kenapa jumlah kelompok ini terdapat di hampir 99% kucing di dunia.


9.  British Shorthair Cat 





 Kucing British Shorthair merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah dikenal manusia. Kucing Ras ini lebih disukai karena sifatnya yang tenang dan setia. 

Badannya padat, cobby, kuat dan berotot dengan dada, bahu serta pinggul yang lebar. Kepalanya bulat dan lebar dengan pipi penuh, terletak pada leher yang pendek dan tebal. Hidung pendek, lebar dan lurus tanpa lekukan, bentuk dagunya bulat. Ukuran telinga sedang dan lebar pada bagian bawah dengan ujung melengkung. Jarak antara kedua telinga sedang. Mata besar dan bulat, warnanya berhubungan dengan warna bulu yaitu copper, gold, blue, green atau odd eyes. Kaki Kucing British Shorthair pendek dengan tulang yang kuat serta berotot dan jari-jarinya bulat. Panjang ekor lebih kurang 2/3 panjang tubuh, tebal pada bagian pangkal dan menipis pada ujungnya. Bulunya pendek, padat dan tebal. 


10. Kucing Exotic Longhair 




Kucing Exotic Longhair ini awalnya dikembangkan di negara Amerika Serikat, dan merupakan kucing hasil kawin silang antara kucing persia dengan kucing Exotic Shorthair atau American Shorthair atau British Shorthair. 

Gen longhair merupakan gen lemah/resesif (recessive), oleh karena itu mempertahankan gen tersebut awalnya cukup sulit namun akhirnya sukses menghasilkan kucing Exotic Longhair, yang sepintas memang mirip dengan kucing Persia namun berbeda genetik. Kucing Exotic Longhair ini mirip dengan kucing Exotic (Exotic Shorthair) namun berbulu panjang (longhair), juga mirip dengan kucing Persia, bertubuh cobby dan bulunya berbagai macam warna. 



Sumber :
 http://kucingpurple.blog.com/2011/06/19/10-jenis-kucing-tercantik-di-dunia/ (dengan perubahan seperlunya)


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar